Klamav, Anti-Virus Linux

Loh, dalam posting sebelumnya, bang Andi pernah cerita bahwa sistem operasi Linux / khususnya Ubuntu, tidak bervirus? Kok ada anti-virus untuk Linux? Sabar dulu boss, Anti-Virus yang dimaksudkan disini, anti-virus yang hanya membasmi virus Windows. Pernahkah kalian memberi pinjam flashdisk milikmu kepada temanmu, lalu flashdisk tersebut tiba-tiba berisi file-file yang aneh & mencurigakan yang terlihat di Ubuntu kamu setelah flashdisknya dikembalikan? Misalnya file exe atau folder RECYCLER nampak di flashdisk kamu? Itu jelas berarti bahwa flashdisk kamu sudah dicolokkan ke PC teman kamu yang menggunakan Windows, yang sudah terinfeksi virus.

Virus Windows yang berada di flashdisk (dibuka melalui file manager Ubuntu)


Untuk para pengguna Ubuntu sih, tidak usah khawatir akan keberadaan virus-virus tersebut. Namun, bagi para pengguna Windows musti was-was karena virus tersebut bisa saja menginfeksi komputernya. Memang sih, Andi nyantai aja kalau ada virus di flashdisk. Toh, karena virus tersebut tidak akan berjalan / menginfeksi Ubuntu. Tapi karena adanya keberadaan virus-virus tersebut, Andi merasa gimana gitu, soalnya ngaheurinan (menuhin) flashdisk aja. Lagian, ga enak dipandang nya juga. Memang sih tinggal kamu delete. Tapi, repot juga kan kalau harus mengselect-nya lalu menghapusnya? Lalu, apakah benar yang kamu delete itu virus? Jangan-jangan itu file penting lagi. Solusinya sih gampang aja, ada dua solusi yang kamu bisa pake. Solusi pertama, jangan pernah pinjamkan flashdisk kamu ke teman kamu yang windows-nya terinfeksi virus. Solusi kedua, install Klamav Anti-Virus, jadi sewaktu-waktu, kamu bisa mengscan-nya dan menghapus virus tersebut. Andi pribadi sih, memilih solusi kedua. Kalau pakai solusi pertama, ntar Andi disangka pelit lagi. Hahaha

Bagi pengguna Ubuntu yang berpendapat sama dengan Andi, hehehe :) Kamu bisa menginstall Anti-Virus untuk Ubuntu. Namanya Klamav. Untuk menginstallnya, kamu tinggal masuk ke "Ubuntu Software Center" lalu pilih "Get Software" kemudian ketik klamav. Lalu klik Install.

Installasi klamav pada Ubuntu


Setelah installasi klamav berhasil, buka programnya, dan lakukan update. Jika ada kegagalan/kesalahan tidak bisa mengupdate secara otomatis, kamu bisa mengunduh database clamav secara manual di situs resmi clamav http://www.clamav.net/ yang kamu unduh adalah main.cvd karena database itu merupakan kumpulan database virus yang komplit. Setelah berhasil di unduh, copy/cut lalu paste main.cvd yang telah di download tadi di folder /var/lib/clamav/. (Pastikan sebelum mem-paste, klamav sedang tidak berjalan). Jika tidak bisa dipaste, buka terminal kamu lalu ketik ~$ sudo nautilus /var/lib/clamav/ dan masukkan password jika diminta. Dan coba lagi untuk meng-copy/cut main.cvd lalu paste.

Setelah itu, jalankan kembali klamav kamu, pilih folder yang akan di scan dan klik tombol scan! Whehehe, akhirnya beres juga. Jika kamu masih awam dan tidak tahu lokasi yang tepat untuk flashdisk, kamu dapat menemukan flashdisk kamu di System Folder > /media/ ceklis flashdisk kamu dan scan!
Klamav, Anti-Virus Linux Klamav, Anti-Virus Linux Reviewed by Andi on 2/09/2011 Rating: 5

Tidak ada komentar