Ubuntu? Paan sih?


Wah... kebangetan ga tau Ubuntu, ga apa-apa deh, tak jelasin, hehehe... Bagi para master Linux, pasti ga asing dengan yang namanya Ubuntu. Ubuntu adalah sistem operasi yang berbasis Linux. Namun, Ubuntu memiliki kelebihan daripada OS lain. Dalam artikel ini, andi akan membandingkan Windows dengan Ubuntu (tentu dengan bukti yang riil :D).

1. Ga perlu defrag
Sobat sekalian pasti pernah dengar dengan yang namanya Defrag khan? Ayo ngaku! Defrag pada Windows harus dilakukan pada saat Windows kamu lelet. Defrag dilakukan karena Windows menggunakan NTFS sebagai jenis partisinya. Karena Ubuntu termasuk keluarga Linux, Ubuntu menggunakan partisi berjenis Linux/Ext4 sebagai jenis partisinya. Itu artinya, kamu tidak perlu men-defrag di Ubuntu. Yup! Ubuntu tidak perlu Defragmentasi... Maka, dari itulah Ubuntu makin lama digunakan, tidak akan menjadi lelet. Tidak sama seperti halnya Windows, makin lama dipake, maka akan makin lelet kinerjanya.

2. Virus? Nyantai aja men!
Paling ribet kalo udah berurusan dengan virus. Bayangkan, ada beribu-ribu varian virus yang siap menyerang Windows kamu. Secara garis besar, Linux sangat mustahil dan memiliki potensi yang sangat kecil untuk terserang virus. Eits tunggu dulu! Windows bisa dipasang antivirus kan, Bang Andi? Iya, iya saya juga tahu... tapi apakah itu menjamin Windows kamu aman 100%? Antivirus yang sedang terpasang di komputer kamu itu memerlukan update databasenya setiap hari. Apabila ada virus baru yang muncul, antivirus kamu tidak akan mendeteksinya sebagai virus sampai kamu melakukan update. Repot kan? Hayooo... Antivirus akan memakan CPU/kinerja prosesor, harddisk, & RAM komputer kamu. Itu juga menyebabkan Windows kamu terbebani dengan adanya antivirus. Ckckck, kasiaan...

3. Update semua aplikasi dengan sekali klik!
Apabila kamu hendak mengupdate aplikasi yang terpasang seperti Mozilla Firefox (misal: kamu hendak mengupdate aplikasinya yang asalnya versi 2.0 menjadi 3.0) tentu di download setupnya yang baru dan dijalankan. Bagaimana dengan AcrobatReader?, Opera?, Winamp?, VLC? atau aplikasi lain yang bejibun yang memerlukan update? Capek deh, masa harus satu-satu mengupdate aplikasi. Tapi itu khan cara kamu mengupdate aplikasi yang berjalan di Windows? Tidak di Ubuntu! Ubuntu memiliki software manager yang bernama Synaptic Package Manager. Jadi, apabila kamu hendak mengupdate semua aplikasi yang terpasang di Ubuntu, kamu tinggal buka Update Manager dan foila! Semua aplikasi sudah berhasil di update. Gak ribet & simpel khan??

4. Stabil bro!
Pernahkan kalian mendengar Windows kamu crash, nge-hang, nge-leg, dan nge-nge lain yang bikin kamu sebel. Wkwkwkwk. Kenyataannya, Ubuntu itu lebih stabil dibandingkan dengan Windows. Server-server Internet yang berjalan sebagian besar menggunakan Linux dan dapat menyala hingga beberapa tahun tanpa direstart.

5. Gratis!
Ubuntu merupakan sistem operasi yang diciptakan untuk kebebasan! Kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa membayar sedikitpun. Bandingkan dengan Windows, kamu harus membayar untuk menginstallnya di komputer kamu. Tapi Bang, saya ga pernah bayar hanya untuk menginstallnya dikomputer kok? Nah loh!! berarti kamu menggunakan Windows bajakan. Daripada pakai yang bajakan, mending pakai yang gratis. Nggak barokah loh!

6. Ramah Lingkungan!
Semua Sistem operasi bebas yang berbasis Linux, termasuk Ubuntu, turut ikut andil dengan yang namanya ramah lingkungan. Perusahaan Windows (maupun Apple) tiap harinya memproduksi plastik, kardus & material lain untuk pengepakan produksinya. Linux dapat di download dan langsung di install. Juga, seiring berkembang-nya Windows, pasti akan memerlukan hardware yang canggih, sehingga perangkat jadoel akan terbuang sia-sia. Dengan Linux, kamu dapat menghidupkan komputer lamamu / jadoel mu!

7. Dikit-dikit Restart di Windows? No Way di Ubuntu!
Apakah kamu baru aja selesai ngeupdate windows kamu?
Ayo, restart dulu.

Apakah kamu baru aja ngeinstall perangkat baru diwindows kamu?
Ayo, restart dulu.

Apakah windows kamu lagi ga stabil?
Ayo, restart dulu.

Windows pasti aja minta restart dan tentu hal ini sangat menjengkelkan. Mungkin saja kamu lagi download file yang berukuran besar dan masih beberapa persen lagi, pastinya ga mau dihentikan sebelum prosesnya beres khan? Intinya sih, Ubuntu tidak perlu merestart. Apabila kamu sudah menginstall perangkat baru (misal: modem) Ubuntu kamu tidak akan meminta restart. Cihuy! Langsung jalan!

8. Indah dengan efek
Ubuntu juga tak kalah bagusnya dengan efek-efek yang ada di Windows 7. Malah lebih bagus dan luar biasa daripada Windows 7. Mari kita bandingkan efek-efek yang ada di Windows 7.

  • Ada di Ubuntu, ada juga di Windows 7
Live Preview
Blur Effect
Flip Switcher
Glide Animation
.
Minimize Animation
.
Zoom Desktop
.
Magnifier
.
Snapping Windows (AeroSnap)
.
 
  • Ada di Ubuntu, gak ada di Windows 7
Genie Minimize Effect
Scale Windows
Cover Switcher
Ring Switcher
Wobbly Windows

  • Tidak ada di Ubuntu, ada di Windows 7
Sejauh ini, andi belon nemu tuh :)

Hayoo! Kurang apa lagi sih pada Ubuntu? Udah bebas, gratis pula! Ubuntu adalah distribusi Linux yang paling populer akhir-akhir ini. Ubuntu lebih cepat saat proses menyalakannya dibanding Windows! Ayo, pasang Ubuntu di komputer kamu! Ubuntu juga tersedia berbagai jenis, tergantung kebutuhan kamu:

Ubuntu
Kalau ini sih, ubuntu biasa, untuk pengguna biasa juga. Wkwkwk dan menggunakan desktop berbasis GNOME.

Kubuntu
Ubuntu ini menggunakan desktop berbasis KDE. Ubuntu dengan tampilan desktop yang indah dan sistemnya mirip dengan Windows.

Edubuntu
Ubuntu ini didesain khusus untuk sekolahan, karena isinya fokus kepada pengetahuan dan edukasi

Ubuntu Studio
Ubuntu ini lebih memfokuskan kepada kebutuhan media, baik grafis, suara, dan film.

Xubuntu
Nah ini nih, ubuntu yang didesain khusus untuk komputer jadoel. Karena menggunakan desktop berbasis XFCE yang ringan dan cepat.

Sabily
Whehehe, Ubuntu ini didesain khusus bagi para muslim dan muslimah karena isi, program & desktopnya yang islami. Lengkap dengan Al-Quran, alarm waktu sholat dan lain-lain.

Jadi, Ubuntu mana yang paling cocok untuk kamu?
Ubuntu? Paan sih? Ubuntu? Paan sih? Reviewed by Andi on 2/03/2011 Rating: 5

Tidak ada komentar