Mengatasi spam pada cbox

Spam? Mungkin kita sudah kesal dengan adanya spam. Baru-baru ini blog Amend mengganti chatbox yang asalnya shoutmix menjadi cbox... Ya sekedar untuk menyederhanakan saja. Lagian chatbox Shoutmix memerlukan kode tambahan untuk menyembunyikannya dengan tombol floating. Namun, cbox sudah menyediakan kodenya sendiri untuk mode floating button. Ya saya pilih aja cbox. Beberapa hari setelah pemasangan, ada pesan masuk, Andi tidak yakin bahwa pesan ini dari 'manusia asli' melainkan spam. Soalnya baru aja dipasang, udah ada pesan masuk, jadi curiga kan?  Nih, salah satu spammer yang muncul di cbox Blog Andi Mendunia, sampe sekarang belum dihapus, biarlah cuma nongol yang satu ini kok :)



Ckck, memang benar itu spam! Setelah googling mencari solusi untuk mengatasinya, ternyata langsung dapet. Itupun bantuan yang ditawarkan cbox sendiri. Ini dia alamatnya http://www.cbox.ws/help.php?id=57 kalau diterjemahkan, jadi seperti ini:


A:
Pertama, putuskan apakah pesan akan muncul secara otomatis, atau hanya muncu dari satu pengguna.
Untuk mencegah spam otomatis (spam bots), nyalakan "Require CAPTCHA" di Settings.
Untuk spam yang dari pengguna individual, cobalah ban pengguna itu. Pada halaman Messages page anda, pilih pesan yang tidak diinginkan dan klik "Ban".

Jadi intinya, andi memilih untuk mencegah spam di cbox dengan menyalakan captcha (Ituloh, kode yang harus kita ketik ulang, yang biasanya acak-acakan dan agak sulit dibaca). Dilihat dari jawaban diatas, cara untuk menyalakan captcha pada cbox adalah:

  1. Login ke akun Cbox kamu (http://cbox.ws)
  2. Klik "Options > Posting Options"
  3. Klik "Require Captcha" di Anti-spam protection
  4. Lalu klik "Save"

That's it! Dengan menyalakan captcha, kesempatan munculnya pesan spam-bot akan berkurang di cbox kamu! Pengguna yang akan meninggalkan pesan di cbox perlu mengisi kode terlebih dahulu :)
Mengatasi spam pada cbox Mengatasi spam pada cbox Reviewed by Andi on 7/10/2011 Rating: 5

Tidak ada komentar