Situs Penerjemah Bahasa Sunda

Assalamualaikum!! (Nggak jawab dosa loh, ayo jawab!! :) Hm, kebetulan nih kali ini Amend akan membahas tentang ilmu bahasa? Bahasa apa coba? Yap! Bahasa daerah saia, yang tak lain dan tak bukan adalah: bahasa Sunda! Ngomong-ngomong, apa sih bahasa sunda itu? Bahasa Sunda (Basa Sunda, dalam aksara Sunda Baku ditulis ᮘᮞ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ) adalah sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Bahasa ini dituturkan oleh sekitar 27 juta orang dan merupakan bahasa dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa. Bahasa Sunda dituturkan di sebagian besar provinsi Jawa Barat (kecuali kawasan pantura yang merupakan daerah tujuan urbanisasi di mana penutur bahasa ini semakin berkurang), melebar hingga batas Kali Pemali (Cipamali) di wilayah Brebes, Jawa Tengah, dan di kawasan selatan provinsi Banten. Dari segi linguistik, bersama bahasa Baduy, bahasa Sunda membentuk suatu rumpun bahasa Sunda yang dimasukkan ke dalam rumpun bahasa Melayu-Sumbawa. (sumber: wikipedia)

  • Kamus
Inti  dalam postingan ini adalah Andi akan memperkenalkan kepada sobat semua, alat (tool) online untuk menerjemahkan per kata (alias kamus) dari bahasa Sunda ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Silahkan kunjungi:

http://www.kamusbahasasunda.com/ 

  • Translator
Atau ada juga alat (tool) online lainnya untuk menerjemahkan per kalimat (atau yang lebih sering disebut Translator/Translate/Terjemahan), tapi sayangnya ini hanya tersedia satu arah (Bahasa Indonesia -> Bahasa Sunda) saja. Silahkan kunjungi:

http://tarjamah.sabilulungan.org/ 

Segitu saja postingan ini dari saia, kalau ada komentar atau saran, silahkan tinggalkan di kotak komentar dibawah ini. Pamiarsa, mung sakitu nu kapihatur, Wilujeung patepang deui dina postingan nu bakal dongkap. Sim kuring Amit mundur….. Amit mungkur.. Wasalamu’alaikum Wr.Wb
Situs Penerjemah Bahasa Sunda Situs Penerjemah Bahasa Sunda Reviewed by Andi on 7/10/2011 Rating: 5

Tidak ada komentar