Jadilah Temen Yang Juga Baik

Mengharapkan seorang teman yang baik, sebenernya nggak lepas dari gimana kitanya juga. Kita nggak bisa dong cuman setengah-setengah dalam bertemen. Susah-senang dihadapi bersama, istilahnya begitu (tapi bukan sehidup semati). Ketika temen kita lagi "kaya", kayaknya sih nggak ada masalah berada di sampingnya, secara kita bisa kecipratan ditraktir gitu lho. Nah, pas ketika temen kita kesusahan, jujur aja, nggak banyak yang menyediakan diri. So ada baiknya kita belajar cara-cara jadi temen yang selalu siap dalam keadan apapun, termasuk saat sedang sedih dan susah.

Be there when we're needed
Yap, ada disaat kita dibutuhin. Siapa sih yang tahan kalo lagi sedih atawa ngebutuhin seseorang terus musti diam sendirian? Hmm, kehadiran kita di masa-masa sulit seperti di rumah sakit atawa di pemakaman mungkin pas kerabatnya ada yang meninggal, sangat dia butuhin. Nggak usah bicara apapun jack, selain hanya tinggal menemani sementara. It means more to them. Kehadiran kita udah cukup jadi sebuah support.

Dukung apapun keadaanya
Saat temen dirundung kayak dapen nilai jeblok, dimarahin sama guru, ada kles sama ortunya hal ter- yang ia butuhin adalah apalagi kalo bukan sebuah ungkapan menyejukan yang membuat dia memiliki harapan dan semangat. Sekalipun itu hanya sebuah ungkapan. Untuk sementara waktu, tahan dulu deh kalo mau nyela-nyela atawa sebagainya yang sejenisnya itu. Temen yang baik nggak nakalan membicarakan perasaan negatif.

Ulurkan tangan untuk membantu
Jika ia tengah menghadapi masa-masa sulit, tawarkan sesuatu yang nyata yang bisa ngebantu. Misalnya aja kalo mau ngutangin. Kalo kebetulan kita emang lagi kaya dan bisa minjemin, kenapa nggak? Jika dia dalam keadaan sangat sedih, dia mungkin nggak mikirin apa yang ingin ente lakukan tetapi senggak-enggaknya ente udah berusaha ngulurin tangan untuk membantu.

Menghibur
Berhibur tiada salahnya, karna hiburan itu indah, tapi pabila salah memilihnya membuat hati jadi bersalah... halah, jadi nyanyi! Hehehe... Man, nggak mudah untuk membawa temen yang tengah dalam kesedihan keluar dari perasaan yang menghimpitnya. Tapi temen yang baik bakalan sabar dan mencoba nggak menambah masalahnya dengan membuat perasaan seperti seorang pecundang atau sebuah beban melainkan berusaha untuk tetap berhubungan dan menghibur dirinya.

Kita mungkin bukan seorang ahli terapi atau psikolog. Tapi kita bisa jadi seorang temen baik yang bener-bener baik untuk temen kita. Karena kita juga musti sadar, untuk dapetin temen yang baik, kitanya juga musti baik. Berani coba?

Majalah saksi - Kahfi: No. 05 Tahun III 24 Agustus 2006 Hal. 45
Jadilah Temen Yang Juga Baik Jadilah Temen Yang Juga Baik Reviewed by Andi on 9/01/2011 Rating: 5

Tidak ada komentar