Satu Bagian, Banyak Gunanya.

Secara fisik, apa sih sebenernya yang paling penting dalam tubuh kita? Yah, well, semuanya juga sebenernya penting banget. Namanya juga satu unit jelas aja kalo ada salah satu yang ilang, bakalan mempengaruhi kinerja tubuh. Tapi di antara sekian banyak organ, bodi kita tuh ternyata paling memerlukan tulang. Hah, tulang siapa? Tulang si Boru? Yee, itu mah paman dong dalam bahasa Batak... He he he...
Oke, memang selain tulang, tubuh kita juga masih perlu daging. Tapi masih kebanyakan kalo manusia tuh boleh aja berdaging tipis, tapi nggak bisa deh bertulang keropos, apalagi kalo nggak ada tulangnya sama sekali. Emang, tulang adalah salah satu bagian penting pada tubuh manusia dan hewan. Tau dong kira-kira apa jadinya kalau tubuh kita nggak memiliki tulang? Wah, pasti sulit ngebayanginnya. Yang jelas, tanpa tulang, tubuh manusia akan ambruk.

Susunan tulang dan manfaatnya
     Tulang-tulang yang saling terhubung lalu membentuk kerangka, membuat tubuh kita bisa berdiri tegak. Selain itu, tulang juga berguna untuk memberi bentuk, melindungi organ-organ dalam yang penting. Misalnya aja, tengkorak merupakan pelindung otak, sementara tulang rusuk berguna untuk melindungi paru-paru dan jantung. En kita juga perlu tau, bahwa tulang merupakan alat gerak yang penting, walaupun bersifat pasif. Kok bisa? Iyalah, soalnya dengan tulang, tubuh kita jadi mempunyai semacam penyangga yang kuat gitu lho.

     Lalu kayak apa sih tulang itu? Hhmm, tulang terdiri atas sel-sel hidup dan mineral, terutama kalsium, fosfat, serta kolagen. So, karena itu, supaya tulang kita tetep sehat dan terhindar dari penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang), disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium. Banyak lho, makanan dan minuman kita sehari-hari yang kaya kalsium. Apa contohnya? Susu dan aneka produk olahannya, ikan teri, kacang-kacangan, hati, dan sayur-sayuran. Kedengerannya nggak enak? Yah, itulah sebenernya banyak makanan yang nggak begitu oke secara rasa tapi mengandung manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.

Beda tulang bayi, dewasa dan manula
     Dibanding tulang adik bayi yang baru lahir, tulang dalam tubuh kita jauh lebih kuat. Maklum aja, pada adik bayi, tulang yang ada umumnya merupakan tulang rawan. Makanya nggak sembarang tuh irang bisa megang-megang atawa gendong si dede. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, tulang rawan tadi berubah menjadi tulang yang keras.

     Bagaimana dengan tulang pada kakek atau nenek? Pada orang yang udah berusia lanjut seperti mereka, tulang cenderung makin rapuh dan mudah patah. Kayak bayi lagi? Nggak juga sih. Coba bedain aja antara tulang rawan dan tulang rapuh.

     Oya, di samping kegunaan tulang seperti yang sudah disebutkan di atas, tulang juga memiliki manfaat yang sangat besar dalam ilmu pengetahuan seperti ilmu forensik, arkeologi, dan biologi manusia. Kenapa bisa begitu? Soalnya tulang kan organ tubuh yang paling kuat. Hal ini dimungkinkan karena tulang (pada orang yang sudah mati) sering kali terhindar dari kerusakan sehingga bisa digunakan untuk menidentifikasi umur, jenis kelamin, ras, tinggi badan, penyakit, budaya, dan sebagainya. Misalnya aja, sisa-sisa tulang dari manusia purba. Dari tulang-belulang yang sudah berumur ribuan tahun ini, para ahli bisa memperkirakan sebab-musabab kematian, atau budaya yang berkembang ketika manusia purba itu hidup.

Maha besar Allah, yang udah menganugerahkan kita tulang sebagai pelengkap hidup kita!

Saksi, Kahfi N.20 Tahun II 090306
Satu Bagian, Banyak Gunanya. Satu Bagian, Banyak Gunanya. Reviewed by Andi on 27 September Rating: 5