Ngebina Hubungan Baik ama Temen

Namanya juga makhluk sosial, jelas kita perlu temen. Tapi ternyata berteman pun nggak sembarangan juga. Perlu jurus-jurus jitu agar pertemanan kita tuh asyik dan bertahan lama. Bukan apa-apa, yang namanya temen tuh seringkali bahkan lebih deket dengan kita dalam beberapa bagian kehidupan dibanding dengan keluarga sendiri.

Nah, gimana-gimananya kita berteman, coba simak poin-poin di bawah ini. Kali aja bisa jadi ilmu gitu...

1. Jangan berani nyoba untuk mengubah perilaku atau sifat temen kamu. Bisa jadi kita nggak suka dengan apa yang dilakukan ama temen kita. Tapi alangkah lebih baiknya dibiarin aja dulu. Kalo emang baik, sesuaikan perilaku kamu dengan dia. Kalo beneran jelek dan emang nggak ada manfaatnya, yah mau nggak mau dilurusin.

2. Jangan berasumsi bahwa kamu pasti tau tujuan-tujuan temen kamu. Pastikan hal-hal apa aja yang ingin dicapai oleh temen kamu itu. Jika perlu tanyakan langsung untuk mengklarifikasi dan catat semua hal yang menurut kamu nggak konsisten.

3. Pastikan bahwa prioritas kamu sejalan dengan prioritas temen kamu.


4. Jangan suka ngambek.

5. Sekali-kali kasih hadiah.

6. Pelajari kepribadian temen kamu. Cari tahu saat terbaik dan cara terbaik untuk menyampaikan pendapat kamu kepada dia.

7. Ganti perspektif. Jika temen kamu nggak setuju dengan gagasan atau saran kamu, cobalah untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang temen kamu.

Emang sih kedengerannya kitanya yang banyak berkorban di satu sisi. Tapi kalo selama itu not a very big deal, dan bikin kita bergaul dengan temen-temen, nggak apa-apa kan? Kecuali kalo emang seseorang itu udah nggak ada manfat-manfaatnya, (kamu sendiri lebih tau), yah buat apa toh dipertahanin?
Saksi, Kafi N20 T2 090306
Ngebina Hubungan Baik ama Temen Ngebina Hubungan Baik ama Temen Reviewed by Andi on 13 Oktober Rating: 5