Meningkatkan Percaya Diri

Kadang-kadang, ngaku aja deh, ada waktu-waktu di mana kita tuh tiba-tiba aja ngerasa begitu kerdil. Ngerasa tidak pede. Wes, emang itu sudah bawaan yang udah pasti ada lah pada setiap orang. Cuma memang kadarnya tuh suka beda-beda, nggak sama di setiap orang. Tapi bisa juga rendah diri ini timbul kayak udah jadi penyakit seumur hidup kita. Nah, inilah yang berbahaya. Jadi memang musti diselesaikan. Gimana caranya? Coba lihat langkah-langkah di bawah ini.

Sebelumnya tentu aja kita mesti tahu apa saja sih faktor yang menyebabkan kita jadi nggak pede? Ada dua, yaitu dari dalam (endogen) dan dari luar (eksogen). Untuk mengatasi rasa rendah diri maka sebaiknya kita nih bisa menyeimbangkan konsep diri yang sehat dan lima sempurna he he he... Yaitu dengan cara:

1. Belajar tentang diri sendiri
Belajar tentang diri sendiri bisa dilakukan dengan melihat sifat-sifat kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Muhasabah lah gitu. Caranya dengan bertanya sama orang-orang di sekitar kita. Jika menurut kita ada pendapat dari orang-orang tentang kita yang kurang benar, maka kita jangan terpengaruh. Setelah kita tahu kelemahan dan kelebihan kita maka kita dapat lebih tahu siapa diri kita yang sebenarnya.

2. Belajar peka terhadap saran dan kritik dari orang lain tentang diri kita sehingga kita makin kaya akan pengenalan diri sendiri.

3. Mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.

4. Menerima dan mengakui diri sebagai manusia biasa dengan segala kekurangan dan kelebihan.

5. Berpikir positif tentang diri kita dan orang lain.

6. Bergaul dengan banyak teman.

7. Mengikuti kegiatan-kegiatan positif dalam usaha menemukan bakat-bakat kita.

Tentu saja dalam mengatasi keadaan ini nggak semudah kita membalik telapak tangan. Tapi perlu proses yang panjang dan dapat bertahun-tahun. Tetapi kalau kita punya kemauan yang kuat, dan masa sih kita mau terus-terusan hidup dalam kondisi yang membuat kita tertekan, tapi yah... pantas untuk dicoba. Bener tidak, sodara-sodara?

Saksi, Kahfi N.19 Tahun II 23 02 06
Meningkatkan Percaya Diri Meningkatkan Percaya Diri Reviewed by Andi on 12/24/2011 Rating: 5

Tidak ada komentar