5 Tips untuk Persahabatan Kamu

Kawan, ada beberapa tips nih, biar persahabatan kamu lebih bermakna dan dipenuhi kebaikan. Baca dan resapi bareng-bareng nyok:
  • Jaga Rahasia. Sohib sejati adalah orang yang bisa jaga rahasia temannya. Orang yang membeberkan rahasia temannya adalah seorang pengkhianat dan berkhianat terhadap amanat adalah ciri kemunafikan.
  • Lemah lembut dan bermuka manis. "Jangan sepelekan kebaikan sekecil apapun, meski hanya dengan menjumpai saudaramu dengan wajah berseri-seri." [H.R. Mulsim dan Tirmidzi]
  • Berbaik sangka pada teman. "Jauhilah oleh kalian berburuk sangka, karena buruk sangka adalah pembicaraan yang paling dusta." [HR. Bukhari dan Muslim]. Tapi kudu dicatat: buruk sangka di sini adalah dugaan yang tanpa dasar. Kalo ada buktinya, ada baiknya dicek. Husnudzon buta ga kalah berbahaya dari su'udzon, lho!
  • Saling memberi nasihat. Termasuk di dalamnya adalah amar ma'ruf nahi mungkar, meski bertentangan dengan keinginan teman. Solidaritas ngawur yang yang banyak ada sekarang adalah bumerang hitam di masa depan. Muter balik dan mematikan!
  • Saling memberi hadiah. "Saling berjabat tanganlah kalian, niscaya akan hilang kedengkian. Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian saling mencintai dan hilang (dari kalian) kebencian." [HR. Imam Malik]
5 Tips untuk Persahabatan Kamu 5 Tips untuk Persahabatan Kamu Reviewed by Andi on 17 Mei Rating: 5