Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kirim Pesan

Jika ada saran dan kritikan yang ingin disampaikan atau lapor suatu masalah, cukup tinggalkan komentar di bawah. Khusus komentar di halaman ini selalu diawasi dan akan mendapat balasan secepatnya.

Namun jika pesan bersifat pribadi, bisa lewat media sosial Andi Mendunia yang tercantum di paling bawah situs atau gunakan formulir ini.

FAQ

Cara buat TTS gimana sih?

Aku bener-bener dibuat pusing sama pertanyaan ini. Dari pertanyaan ini, bisa dibagi dua:

  1. Buat TTS secara umum, atau
  2. Buat TTS online yang bisa dipublikasikan di web (seperti Andi Mendunia).

Oke saya jawab satu-satu dulu ya...

Jika ingin buat TTS secara umum, harus punya jam terbang yang lumayan cukup tinggi. Kamu harus hafal banyak kosakata yang dapat membangun satu kotak penuh TTS. Apalagi kalau TTS-nya padat dan kita harus masukkan kata yang bersilangan dengan kata lain. Cara yang paling sederhana sih, kita bisa buat lewat Microsoft Excel agar tatanan kotaknya kita bisa buat dengan rapi.

Kecuali kalau males bikin kotak, pengennya yang instan aja (ehm). Misal, cuma punya pertanyaan sama jawabannya, ya itu sih bisa pake software generator otomatis. Contohnya Eclipse Crossword. Tapi ingat! Kotak TTS-nya bakalan renggang dan ketika kita mainkan TTS-nya cuma ngasih clue yang sedikit. Jadi kurang greget.

Terus gimana caranya agar TTS-nya bisa dipublikasikan online? Hal mendasar yang harus diketahui seperti HTML atau javascript akan sangat, sangat membantu. Tadi kan udah dikasih tahu tuh, ada software Eclipse Crossword sebagai generator TTS-nya, nah kebetulan! Software itu juga bisa mempublikasikan HTML yang berisi TTS yang bisa dimainkan secara interaktif. Tinggal kembangkan saja dari HTML tersebut. Kalau pengen sama desainnya kayak Andi Mendunia, jadinya nyontek dong 😋. TTS Andi Mendunia dikembangkan selama bertahun-tahun dan selalu ada perubahan dari waktu ke waktu. Jadi, desain TTS Andi Mendunia eksklusif hanya untuk Andi Mendunia saja. Alias, tidak untuk ditiru.

Bagaimana prosedur klaim TTS berhadiah?

Peraturan klaim hadiah berubah dari waktu ke waktu. Masih belum tetap. Selagi saya pikirkan prosedur yang standarnya, silakan merujuk ke informasi yang tertera di masing-masing edisi dulu ya!